Pages

Bisnis Tanpa Iuran Bulanan

Super Excellent Network Bersama Meraih Kebebasan Finansial Yang Sebenarnya

Saturday, February 23, 2013

Kelebihan dan Kekurangan Media cetak dan Televisi





Seperti kita ketahui, media adalah suatu alat yang menghubungkan kita dengan dunia luar. Tanpa media, kita akan sulit mengetahui apa yang terjadi di sekeliling kita. Oleh karena itu dapat dikatakan bahwa media adalah sumber informasi utama bagi semua orang di dunia.
Menurut jenisnya, media dapat digolongkan ke dalam 2 kategori, yaitu “media cetak” yang terdiri dari koran, majalah, dll, dan “media elektronik” terdiri dari televisi dan radio. Namun ada juga media lainnya yang belum jelas statusnya yakni “media online” dengan perangkat internet.
Namun disini yang akan kita bahas adalah kelebihan dan kekurangan jurnalistik media cetak dan eloktronik yaitu televisi. Bila kita tela’ah lebih dalam, jurnalistik media cetak dan telivisi memiliki kreteria berita yang sama yaitu menggunkan 5W + 1H. Hanya saja perbedaannya terletak di tulisan dan gambar. Media cetak lebih mengandalkan tulisan demi menarik komunikan, sedangkan telivisi mengandalkan gambar (visual), karena televisi adalah media audio visual.

Kelebihan dari media cetak pertama adalah : Repeatable, yakni dapat di baca berkali-kali dengan menyimpannya atau mengklipingnya, sehingga suatu saat diperlukan dapat dilihat dan dibaca kembali. Kedua, analisa lebih tajam, dapat membuat orang benar-benar mengerti dan faham terhadap isi berita tersebut. Analisa yang lebih mendalam dapat membuat orang berfikir lebih spesifik tentang isi tulisan itu.
Sedangkan kekurangannya yakni : Pertama, dari segi waktu media cetak adalah yang terlambat dari media lainnya. Karena media cetak tidak dapat menyebarluaskan berita atau informasi secara langsung kepada masyarakat dan harus menunggu turun cetak baru berita atau informasi itu dapat disebarluaskan. Kedua, tidak adanya audio. Media cetak hanya mengandalkan tulisan yang tentu saja tidak dapat didengar oleh komunikan. Ketiga, visual yang terbatas. Media cetak hanya memberikan visual gambar mati atau foto yang mewakili atau menguatkan isi berita.
Kelebihan media televise yakni : Pertama, dari segi waktu, media televisi tergolong cepat dalam menyebarluaskan berita atau informasi kepada masyarakat luas. Kedua, media televisi memiliki audio visual. Dengan gambar yang bergerak ditambah efek suara dapat memudahkan audiensnya dalam memahami isi berita. Ketiga, dalam jangkauannya, media televisi tergolong memiliki jangkauan yang cukup luas hingga kepelosok negeri.
Sedangkan kekurangan media televisi yakni tidak dapat diulang. Bila audiens lalai dalam mengikuti suatu berita atau informasi, maka tidak akan ada siaran berita ulangan/tayangan ulang. Kecuali berita itu sangat penting dan terus dilakukan pengembangan berita. Misalnya seperti peristiwa pengeboman hotel JW Marriot yang setiap saat terus ditayangkan berita tentang perkembangannya.

Kelebihan Dan Kelemahan Media (Audio, Cetak, Foto/Gambar, Visual, Dan Online)
1.      Media Suara/Audio (Radio)
Media suara atau audio identik dengan media radio yang memang pendengarnya hanya bisa menikmati suara saja tanpa ada visualisasi ataupun teks.
Kelebihan Media suara atau audio (Radio) adalah:
a.      Dalam hal penyampaian informasi atau berita lebih cepat bahkan bisa saat itu juga.
b.      Biasanya media ini bisa dinikmati sambil melakukan aktifitas yang lainnya. Jadi pendengar tidak harus memantau di depan radio, tetapi bisa menemani aktifitas pendengarnya di mana pun.
c.       Biaya produksi ataupun biaya yang diperlukan khalayak untuk mendengarkan radio relatif murah, bahkan bisa di dengar tanpa menggunakan listrik tetapi menggunakan baterai. Hal inilah mengapa sampai sekarang radio masih digemari oleh khalayak apalagi yang ada di pedesaan.
d.      Pendengar yang buta huruf pun bisa memahami apa yang disampaikan oleh siaran radio. Jadi khalayak yang tidak berpendidikan pun bisa menikmati media ini, berbeda dengan koran yang memang khalayaknya harus bisa membaca.
e.      Bahasa yang digunakan bersifat bahasa tutur, jadi mudah dimengerti oleh pendengarnya.
f.        Pendengar tidak terbatas baik dari segi umur, pendidikan, wilayah dan sebagainya. Meskipun sekarang sudah banyak radio yang tersegmentasi.

Adapun untuk kekurangan Media suara atau audio ( Radio ) adalah:
a.      informasi yang disampaikan hanya sekilas dan tidak bisa diulang, jadi pendengar tidak bisa mengerti secara detail tentang berita yang disampaikan, karena memang bahasanya sederhana dan tidak didukung oleh visualisasi. Pendengar hanya bisa membayangkan saja.
b.      Jumlah berita yang disampaikan oleh radio terbatas, tidak sebanyak media cetak( koran). Dalam waktu satu jam mungkin hanya tersaji 2 atau 3 berita, itu pun berita yang paling penting dan sensasional.
c.       Karena radio penyebarannya melalui alat pemancar, maka khalayak pun juga hanya bisa menikmati radio selama terjangkau oleh daya pancar radio tersebut. Apalagi kalau cuaca yang kurang baik biasanya radio agak melemah daya pancarnya. Sehingga khalayak yang jauh tidak bisa menikmati siaran radio.
d.      Saat mendengarkan berita di radio kita harus mengikuti jadwal atau waktu dimana radio tersebut akan menyajikan siaran berita.
2.      Media Tulisan/ Teks (Koran, Majalah)
Media yang mengandalkan tulisan atau teks biasanya identik dengan koran, majalah, tabloid dan lain sebagainya yang berasal dari proses pencarian berita,pengumpulan berita, pengolahan berita (editing) , percetakan dan sampai pada proses distribusi kepada khalayak.
Kelebihan media cetak (koran atau majalah) adalah:
a.      Karena media ini cetak ini hasilnya adalah berupa tulisan atau teks maka media ini bisa disimpan dan bisa di baca berulang- ulang. Di saat pembaca ingin lebih memahami isi berita, maka pembaca bisa mengulang – ulang membacanya.
b.      Selain itu juga bisa dikumpulkan dan dibuat kliping. Terutama mengenai sebuah berita yang fenomenal ataupun berita- berita yang dianggap menarik.
c.       Biasanya informasi di dalamnya lebih jelas dan mampu menjelaskan hal- hal yang bersifat kompleks ataupun investigatif. Terkadang disertai gambar atau foto yang lebih memperjelas isi berita yang ditampilkan. Dan ada kalanya bila berita tersebut bersifat continue maka ada sedikit pengulangan mengenai berita sebelumnya, sehingga pembaca benar- benar mengerti dan faham tentang isi dan alur berita tersebut.
d.      Jika dilihat dari harganya, media cetak bisa di dapat oleh khalayak dengan harga yang cukup murah. Karena dengan biaya yang cukup murah kita bisa mendapatkan informasi yang lebih banyak. Misalnya koran Jawa Pos, dengan harga Rp. 4.000 kita bisa mendapatkan informasi atau berita sebanyak 30an halaman berbeda dengan media lain yang terbatas. Ini yang lebih membedakan antara media cetak dengan media elektronik( baik radio maupun televisi).
e.      Bahkan kita bisa memilih berita mana yang ingin kita baca terlebih dahulu,misal tentang politik,ekonomi,olahraga atau yang lainnya. Jadi tidak ada keharusan untuk menyimak informasi satu per satu atau tidak harus berurutan.
 Untuk kekurangan dari media cetak adalah:
a.      Media cetak lebih lambat penyampaian beritanya daripada media- media yang lain. Karena memang harus melewati proses yang panjang sampai di tangan khalayak. Bahkan berita yang terjadi hari ini baru bisa diterima oleh khalayak pada hari esoknya.
b.      Selain itu media cetak hanya terbatas pada tulisan atau teks saja meskipun beberapa di dukung oleh foto atau gambar, sehingga pembaca harus memahami sendiri berita tersebut karena memang visualisasi yang terbatas.
c.       Untuk biaya produksi media cetak tergolong mahal, karena media cetak harus dicetak dan didistribusikan sebelum dapat dinikmati masyarakat. Biaya percetakan dan pendistribusian itulah yang tergolong mahal.
3.      Media Gambar / Foto
Media gambar atau foto tergolong media yang sering digunakan untuk lebih memeperjelas atau mengabadikan sebuah peristiwa dan kejadian. Bahkan sebuah berita terasa kurang jika tidak dilengkapi gambar atau foto.Kekurangan dari media gambar atau foto ini adalah:Media Ini tidak akan jelas jika tidak diberi penjelasan yang detail,baik dari segi waktu(hari, tanggal) atau segi kuantitas. Misalkan foto atau gambar tentang bencana alam, maka dari gambar tersebut khalayak tidak tahu peristiwa tersebut terjadi hari apa tanggal berapa ataupun jumlah korban berapa. Karena tidak tertulis di situ, dan gambar biasanya hanya menampilkan suasana perwakilan dari seluruh kejadian yang terjadi. Jadi gambar tidak bisa terbaca dengan detail jika tidak di dukung dengan teks atau tulisan. Gambar biasanya lebih menarik daripada tulisan dan mudah di ingat oleh khalayak yang melihatnya.Sedangkan kelebihan dari gambar atau foto adalah mendukung atau lebih memperjelas dari teks atau tulisan. Dengan adanya gambar atau foto, paling tidak pembaca media cetak bisa mengetahui keadaan atau kejadian tersebut meskipun tidak secara menyeluruh. Selain itu, gambar atau foto biasanya dimaknai oleh khalayak dengan berbeda- beda. Sehingga menimbulkan pemahaman yang berbeda pula antara khalayak yang satu dengan yang lainnya. Kadang juga bersifat ambigu, dimana maksud dari pemotret atau pengambil gambar berbeda dengan yang melihat foto atau gambar tersebut.
4.      Media Audio Visual/ Video (Televisi)
Media audio visual atau video (Televisi) merupakan media yang sekarang sedang digemari oleh khalayak. Dengan tayangan yang begitu jelas, khalayak bisa melihatnya atau memantaunya ber jam- jam. Acara dalam televisisi pun biasanya dikemas semenarik mungkin sehingga khalayak dari semua kalangan baik anak- anak maupun dewasa semua menggemari.
 Adapun kelebihan dari media audio visual (televisi) ini adalah:
a.      Tidak hanya disajikan dalam bentuk suara , tapi televisi juga didukung oleh video yang menarik perhatian penonton. Jadi di saat pembaca berita (newscaster) membacakan sebuah berita , penonton bisa lebih jelas karena di dukung dengan adanya video yang ditayangkan.
b.      Televisi bisa menyajikan laporan langsung dari tempat kejadian dan penonton langsung bisa mengetahui situasi dan keadaan di tempat kejadian perkara (TKP), ini juga yang menjadikan media televisi lebih menarik dari media lainnya. Dan khalayak bisa lebih paham dan mengerti maksud berita yang dimaksud.
c.       Bahasa yang digunakan pada media televisi juga bahasa tutur seperti halnya media audio atau radio.

Untuk kekurangan dari media televisi adalah:
a.      Produksi media televisi masih tergolong mahal, baik dari peralatan dan skill dari SDM nya pun juga harus yang benar- benar mengetahui tentang televisi. Belum lagi untuk biaya operasional media ini cukup mahal.
b.      Proses penyampaian berita ke masyarakat ada kalanya membutuhkan waktu lama karena harus melewati proses pengambilan gambar, editing dan baru bisa disiarkan ke khalayak.

4 comments:

  1. sangat membantu, mari mampir juga kawan :
    dedot.info

    ReplyDelete
  2. Rebat FBS TERBESAR – Dapatkan pengembalian rebat atau komisi
    hingga 70% dari setiap transaksi yang anda lakukan baik loss maupun
    profit,bergabung sekarang juga dengan kami
    trading forex fbsasian.com
    -----------------
    Kelebihan Broker Forex FBS
    1. FBS MEMBERIKAN BONUS DEPOSIT HINGGA 100% SETIAP DEPOSIT ANDA
    2. FBS MEMBERIKAN BONUS 5 USD HADIAH PEMBUKAAN AKUN
    3. SPREAD FBS 0 UNTUK AKUN ZERO SPREAD
    4. GARANSI KEHILANGAN DANA DEPOSIT HINGGA 100%
    5. DEPOSIT DAN PENARIKAN DANA MELALUI BANL LOKAL
    Indonesia dan banyak lagi yang lainya
    Buka akun anda di fbsasian.com
    -----------------
    Jika membutuhkan bantuan hubungi kami melalui :
    Tlp : 085364558922
    BBM : fbs2009

    ReplyDelete