Pages

Bisnis Tanpa Iuran Bulanan

Super Excellent Network Bersama Meraih Kebebasan Finansial Yang Sebenarnya

Wednesday, July 18, 2012

PENGERTIAN TENTANG ISTILAH PANCASILA



A.      Secara Entimologi (Asal-usul kata)
Menurut Muhammad Yamin, istilah pancasila berasal dari kata sanskerta .5 dasar atau 5 kata atau 5 peratyran tingkah laku yang penting/baik/senonoh.
Sebenarnya istilah pancasila itu bukanlah suatu kata yang baru sejak agama buda dan hindhu masuk ke tanah air indonesia telah dikenal kata pancasila itu yang berarti 5 prinsip atau lima aturan tingkah laku. Menurut literatur kaum muda kata pancasila itu biasanya disingkatkan menjadi pansil yg menurut ajaran budha itu sendiri berisikan lima peraturan  latihan menjauhkan diri dari lima macam perbuatan yang terkandung dalam kitab Vmaya sebagai berkut :
1.     
  Peraturan latihan menjauhkan diri dari pembunuhan makhluk yang bernyawa
2.       Peraturan latihan menjauhkan diri dari mengambil sesuatu yang tidak diberi
3.       Menjauhkan diri dari kebijakan seksual
4.       Peraturan latihan menjauhkan diri dari kepalsuan
5.       Peraturan latihan menjauhkan diri dari minuman keras
Menurut bahasa alinya code of morality yang lahir di India sebagai ciptaan pertama gautama budha dimana pancasila yang terdapat dalam kitab Vmaya itu dijadikan dasar pembentukan akhlak yang kemudian dijadikan peraturan yang tetap untuk kemajuan rohani dari rakyat.
Perkembangan berikutnya pancasila yang terdapat dalam kitab Vmaya itu dikenal oleh seluruh negara di dunia termasuk Indonesia. Akan tetapi karena adanya pertumbuhan dan perkembangan sejarah di Indonesia pada masa lalu maka literatur kaum budha hilang dari bumi Indonesia sehingga isitilah pancasila menjadi asli yang artinya lima dasar atau lia aturan tingkah laku.
B.      Secara Terminologis (menurut sejarahnya)
Menurut sejarahnya pada tanggal 1 Juni 1945 didalam sidang BPUPKI secara resmi istilah pancasila disetujui sebagai nama dasar negara RI yang dikemukakan oleh Ir. Soekarno dan disempurnakan oleh Moh. Yamin.
1 Juni adalah hari lahirnya nama Pancasila sebagai dasar negara.
Dalam proses selanjtnya pada tanggal 18 Agustus 1945 disahkan UUD negara RI dimana dalam pembukaannya termuat lima rumusan dasar Negara (alinea ke4) sehingga mulai saat itu istilah Pancasila resmi menjadi bahasa Indonesia dan dijadikan istilah yang umum pancasila artinya 5 dasar bagi pendirinya negara RI.
Setelah istilah pancasila resmi menjadi bahasa Indonsia maka perlu ditertibkan penulisn istilah Pnacasila itu sebab sampau saat ini mash kita jumpai penulisan istilah Pancasila dalam berbagai macam bentuk yaitu :
1.       Pantja Sila
2.       Pantja-Sila
3.       Pantjasila
4.       Panca Sila
5.       Panca-Sila
6.       Pancasila
Adapun tulisan yag benar menurut ejaan bahasa Indonesia Pancasila adalah urutan 6 denga alasan :
1.       Sesuai dengan EYD
2.       Beberapa TAP MPR menulis istilah pancasila seperti urutan 6
3.       Secara teoritis penulisan Pancasila seperti urutan 6 menunjukkan bahwa sila-sila Pancasila merupakan satu kesatuan yag bulat dan utuh lima asas dalam satu kesatuan Pancasila

No comments:

Post a Comment