Pages

Bisnis Tanpa Iuran Bulanan

Super Excellent Network Bersama Meraih Kebebasan Finansial Yang Sebenarnya

Wednesday, July 18, 2012

Jangan Sembarangan Merawat Tubuh



Apa perawatan yang paling sering anda lakukan untuk tubuh? Memberikal lotion setiap hari? Mandi dua kali sehari? Semua itu penting untuk kesehatan tubuh, tetapi berhati-hati, merawat hanya sekedar lalu tudak berarti anda sudah memberikan manfat maksimal dari perawatan yang anda lakukan. Debra Maria, dosen fisioterapi dan praktisi spa selama 19 tahun mengatakan, butuh lebih dari sekedar pengolesan untuk memastikan tubuh terawat sempurna.

"Reconnect dengan tubuh adalah hal yang penting, kalau kita menyepelekan koneksi dengan tubuh, lama kelamaan kita bisa mengalami depresi," ujar Debra.


Tubuh kita, menurut Debra, adalah sebuah sistem jagat raya  milik kita sendiri. Sistemnya, serupa, meski tidak sama. Sistem tubuh, butuh keteraturan. Tubuh manusia memiliki berbagai macam bagian, ada organ-organ, sel-sel, limfatik, dan lainnya, kesemuanya itu memiliki fungsi masing-masing supaya tubuh bisa berfungsi sempurna.

Salah satu hal yang paling sering dilupakan oleh kebanyakan kita saat merawat tubuh adalah membangun hubungan dengan tubuhnya. "Saat merawat tubuh, jangan hanya mengusap saja. Perhatikan pulasannya, perhatikan daerah yang sedang anda sentuh. Ini merupakan bentuk self-regulate, supaya tahu fungsi dari bagian tubuh tersebut. Sehingga, ketika kita menyuruh bagian tubuh tersebut untuk bertugas, ia bisa beroperasi dengan maksimal," jelas Debra lagi.

Debra memberi gambaran, "Tubuh itu seperti sebuah perusahaan. Harus bekerja sama  dan dibawah komando satu yang memerhatikan bagian-bagian anggotanya, agar jelas. Kalau tidak diperhatikan, maka bagian-bagian anggota tersebut akan bekerja sendiri-sendiri. Begitu pun tubuh. kalau tidak diperhatikan dan tidak dalam komando 1, organ-organ tubuh seperti jalan sendiri-sendiri. Jadi bekerja tidak sinkron, tak heran kalau tubuh yang tak diperhatikan sering sakit."

Bagaimana caranya untuk benar-benar memerhatikan tubuh? Debra membagi tips:
  1. Afirmasi. Ingatkan diri bahwa kita memiliki bagian-bagian tubuh tersebut. "Saat terbangun dipagi hari, jangan lalu langsung terburu-buru beraktivitas dan lainnya. Coba pasang alarm lebih awal, lalu sambil berbaring, ingatkan diri kita apa saja yang kita miliki pada tubuh. Misal, rasakan detak jantung, benar-benar rasakan detakannya dan syukuri detak tersebut. Lalu bagian perut, bahwa anda memiliki program pencernaan. Pikiran," jelas Debra.
  2. Visualisasi. Saat anda mengoleskan lotion pada kulit, misalnya pada bagian lengan, bayangkan apa yang ada dibagian dalam bagian yang anda sentuh, misalnya, otot-otot, pembuluh darah, kelenjar limfatik, dan lainnya. Bayangkan cara kerja bagian-bagian tersebut, supaya tubuh tahu fungsi dan kerjanya. "Karena kalau tidak diperhatikan, tidak akan ada self-regulation pada tubuh," jelas Debra.
"Saat kita memberikan perhatian pada tubuh, akan ada self-regulation, kemudian saat memberikan ordering, akan ada kemudahan sat mengunakan tubuh segari-hari, dan tubuh pun jadi lebih sehat," jelas Debra.

No comments:

Post a Comment