Pages

Bisnis Tanpa Iuran Bulanan

Super Excellent Network Bersama Meraih Kebebasan Finansial Yang Sebenarnya

Wednesday, July 18, 2012

Hindari Makanan tinggi Purin


Kadar Asam Urat Tinggi
Hampir semua penderita arthritis gout mempunyai kadar asam urat yang tinggi, tetapi tidak semua orang dengan kadar asam urat tinggi akan menderita arthritis gout. Asam urat merupakan hasil kahir metabolisme purin. Purin terdapat didalam makanan. Sebagian besar makanan mengandung purin. Tetapi yang paling tinggi kandungan purinnya adalah jeroan, misalnya usus, otak, hati, paru, jantung dan babat.
Orang sering salah mengartikan antara asam urat dengan purin. Misalnya orang menyebut makanan tertentu banyak mengandung asam urat. Hal itu salah. Makanan tidak mengandung asam urat, melainkan mengandung purin.

Asam urat dalam batas-batas tertentu dibutuhkan oleh tubuh untuk membentuk isi sel. Karena membutuhkan zat itu, makanya tubuh memproduksi sendiri secara alami. Asam urat yang diproduksi sendiri oleh tubuh berasal dari pemecahan asam amino non-esensial. Namun, asam urat yang dibutuhkan tubuh hanya sedikit. sisanya dikeluarkan melalui air seni.
Sumber asam urat yang lain ialah sebagai hasil akhir metabolisme purin yan gberasal dari makanan.
Pada orang-orang yan gmengalami gangguan metabolisme, terjadi pembentukan asam urat berlebihan dan gangguan pengeluarannya. Akibatnya terjadi penumpukan asam urat di darah, dan akan semakin besar bila makanan yang dikonsumsi banyak mengandung purin.
 Bagi orang yang tidak mengalami gangguan metabolisme, tidak masalah sekalipun banyak mengonsumsi makanan tinggi kadar purin. Sebab seluruh sisa asam urat yang tidak terpakai tubuh akan dikeluarkan melalui air seni. Itulah alasannya mengapa ada orang yan gsehat-sehat saja sehabis banyak mengonsumsi makanan tinggi purin, tetapi ada yan glangsung kesakitan sekalipun hanya sedikit makan makanan seperti itu.
Gangguan metabolisme bisa disebabkan beberapa faktor, seperti kanker, gangguan ginjal dan obat-obatan tertentu. bisa seperti kanker, gangguan ginjal dan obat-obatan tertentu. Bisa juga faktor keturunan. Sekalipun seluruh organ tubuh normal, tetapi bila memiliki faktor keturunan, bisa saja kadar asam urat dalam darah menjadi tinggi setelah mengonsumsi makanana tinggi purin.
Segera Berobat
Penyakit asam urat mudah sekali kambuh. Untuk mencegah kekambuhan, hindari makanan tinggi purin. Juga hindari kelelahan. Perbanyak minum air putih. Dengan banyak minum, akan sering buang air seni. Itu artinya, banyak pula asam urat yang dikeluarkan dari tubuh.
Bila serangan terlanjur terjadi, segeralah berobat ke dokter. Jangan didiamkan saja. Sebab bila itu sering terjadi, menyebabkan kristal asam urat tertimbun di sendi-sendi dan menyebabkan arthritis gout. Disamping itu asam urat tanpa disadari akan merusak organ-organ tubuh, terutama ginjal, karena saringannya akan tersumbat. Kondisi itu bisa memicu munculnya batu ginjal atau kegagalan ginjal.
Asam urat mudah diatasi. Setelah diobati, 1-2 hari akan sembuh. Pengobatan asam urat, yan gpertama kali dilakukan ialah mengatasi radang. Setelah itu, secara bertahap kadar asam urat dalam darah diturunkan. tidak boleh menurunkan kadar asamurat saat sendi sedang meradang. Sebab bila itu dilakukan justru sendi akan bertambah sakit.
Selain pengobatan juga harus diperhatikanmasalah diet, yang diberikan untuk menurunkan kadar asam urat dalam darah. Batas kpoi, teyh, minuman beralkohol dan cokelat.
Penggolongan makanan Berdasarkan Kandungan Purin
Golongan A. Makanan mengandung purin tinggi, seperti hati, ginjal, otak, jantung, udang, kerang, abon, tape, alkohol dan makanan kaleng.
Golongan B. Makanan mengandung purin sedang, seperti daging sapi, kembang kol, bayam, asparagus, buncis, jamur, daun singkong, daun pepaya, kangkung dan kacang-kacangan.
Golongan C. Makanan mengandung purin ringan, seperti keju, telur, susu.
Pengaturan diet sebaiknya segera dilakukan bila kadar asam urat melebihi 7 mg/dl dengan tidak mengonsumsi bahan makanan golongan A dan membatasi diri untuk mengonsumsibahan makana golongan B. Juga membatasi diri mengonsumsi lemak serta disarankan banyak minum air putih. Hal yang perlu diperhatikan, jangan bekerja terlalu berat. Perlu rutin periksa dokter, sebab sekali menderita, biasanya gangguan asam urat akan sering terjadi.


No comments:

Post a Comment