Pages

Bisnis Tanpa Iuran Bulanan

Super Excellent Network Bersama Meraih Kebebasan Finansial Yang Sebenarnya

Wednesday, July 18, 2012

Makanan dan Minuman Penyebab Gigi Menguning


Masih banyak yang tanpa disadari melakukan kebiasaan memicu kerusakan gigi. Salah satunya dengan mengonsumsi makanan atau minuman yang mengubah warna gigi. Perlu diketahui,ada beberapa makanan dan minuman yang mengandung zat berwarna mencolok yang bisa meninggalkan noda pada gigi. Menurut dokter gigi asal Cleveland, Matthew J Messina, makanan dan minuman yang mengandung zat pewarna bisa membahayakan kesehatan gigi.

"Makin kuat warna, makin potensial mengandung zat pewarna. Inilah yang bisa mengubah warna gigi kamu". Warna dalam makanan dan minuman berasal dari chromogens, molekul berpigmen dengan kecenderungan kurang menempel pada enamel gigi. Namun, kehadiran chromogens bukanlah satu-satunya hal yang berpotensi membuat gigi menguning atau meninggalkan noda pada gigi.
Tingkat keasaman makananatau minuman juga merupakan faktor lain. Citarasa asam pada makanan dan minuman, termasuk beberapa yang tidak berwarna cerah mampu mengikis enamel gigi. Jika ingin barisan mutiara kamu tetap putih cemerlang, berikut sejumlah makanan dn minuman yang perlu kamu hindari.


Anggur merah
Wine atau anggur merah merupakan minuman mengandung chromogens dan tannin, yang bisa meniggalkan noda di gigi. Tapi, bukan berarti anggur putihtidak meninggalkan noda. Sebuah studi di New York University School of Dentistry menemukan, gigi yang dipapar dengan teh  makin mudah ditempeli warna dari sumber yang lain jika sebelumnya telah terpapar dengan anggur putih.

Teh
Sama seperti anggur, teh hitam yang biasa kamu konsumsi juga kaya tannin yang memicu munculnya noda di gigi. Menurut gokter gigi, teh lebih mudah meninggalkan noda dibandingkan kopi yang kaya chromogens tapi rendah tannin. "Teh sangat agresif," tutur Mark S. Wolff, DDS, PhD, dari New York University School of Dentistry di New York City. Dibandingkan teh hitam, teh putih beresiko lebih kecil meninggalkan noda.

Minuman bersoda
Minuman bersoda yang kaya asam dan chromogen juga bisa meninggalkan noda di gigi. Minuman ringan berwarna pudar sekalipun sudah cukup asam untuk mewarnai gigi, "Minuman berkarbonasi mempunyai tingkat keasaman yang sama dengan aki."

Minuman berenergi
Sebuah studi yang dipimpin Wolf menemukan bahwa minuman energi atau soft drink yang kaya asam bisa melembutkan lapisan email gigi, sehingga mempermudah menempelnya noda i gigi.

Berries blueberries
Cranberries, cherries, anggur, buah delima, dan buah-buahan berwarna gelap dan juga berbagai olahannya seperti jus , pie, dan makanan atau minuman juga bisa menimbulkan noda di gigi.

Saus saus
Kedelai, saus tomat, saus kari, dan saus berwarna pekat lainnya juga diyakini potensial meninggalkan noda di gigi.

Permen
Permen keras, permen karet, lollipop, dan gula-gula lainnya seringkali menjadi agen penyebab noda di gigi, gigi kamu juga beresiko ternoda jika lidah berubah warna. Tapi jika tidak dikonsumsi secara teratur, makanan ini kemungkina kecil meninggalkan noda di gigi.

No comments:

Post a Comment